SERGAP NTT - Thu, Jan 31st, 2013

BKH: Nilai-Nilai Gotong Royong Harus Digalakan di NTT

Share This
405979 10200289091337838 1295274530 n BKH: Nilai Nilai Gotong Royong Harus Digalakan di NTT

Massa BKH – Nope di pulau Timor

sergapntt.com – Kenapa NTT tertinggal? Kenapa NTT Miskin dan terbelakang? Menurut Benny K Harman (BKH) penyebab utamanya adalah masalah pendidikan. Itu karena Benny percaya bahwa pendidikan merupakan jalan emas menuju perbaikan hidup.

Kata Benny, salah satu penyebab kenapa masyarakat NTT apatis terhadap pembangunan daerah adalah ketidaktahuan. Kebanyakan dari masyarakat NTT masih menganggap pembangunan daerah adalah tugas pemerintah, bukan masyarakat.

Disinilah letak ketimpangan praktik pembangunan di NTT. Sinergi antara pemerintah dan rakyat sangat sulit ditemui. Akibatnya, pembangunan menjadi lambat. “Karena itu, pendidikan kewarganegaraan yang meliputi cara hidup bernegara dan berbangsa yang didalamnya mencakup nilai-nilai gotong royong harus digalakan di NTT,” ujarnya.

Bagi Benny, tugas pokok seorang pemimpin, selain memberikan perlindungan dan kesejahteraan, juga harus mencerdaskan masyarakatnya. Memberi masyarakat bekal pengetahuan jauh lebih penting dari sekedar memberi bantuan langsung tunai (BLT). Logikanya, BLT hanya sementara, sedangkan pendidikan bersifat memberdayakan yang memiliki makna jauh lebih dalam dari sekedar membantu.

Membantu identik dengan filosofi ‘memberi ikan’ yang berarti membantu tanpa mendidik masyarakat untuk mandiri. Sedangkan memberdayakan menggunakan filosofi ‘memberi kail’ yang membantu masyarakat sekaligus mendidik agar mereka dapat hidup mandiri. “Jalan pembentukan sumber daya manusia adalah pendidikan,” katanya.

by. red/tim

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.