SERGAP NTT - Thu, May 24th, 2012

Christian Rotok Lebih Baik dari Frans Lebu Raya

Share This
NEWS

gaspar ehok 328x350 Christian Rotok Lebih Baik dari Frans Lebu Raya  sergapntt.com, KUPANG – Gema suksesi Pilgub NTT 2013 mulai merasuk warga NTT. Setidaknya itulah topik yang paling sering didiskusikan oleh masyarakt NTT sekarang, termasuk mereka yang tinggal di kampung terpelosok. Bahkan sebagaian warga mulai membanding-bandingan atara figur A dengan figur B, mana yang terbaik, dan mana yang lebih berpeluang.

Kandidat calon gubernur yang paling banyak disebut adalah Drs. Frans Lebu Raya (Gubernur NTT sekarang), Drs. Christian Rotok (Bupati Kabupaten Manggarai), Benny K Harman (Putra asal Manggarai yang kini menjabat sebagai Ketua Komisi III DPR RI), Drs. I.A Medah (Ketua DPRD NTT), Ir. Esthon Foenay, M.Si (Wakil Gubernur NTT), dan Komjen Pol. Gories Mere (Kepala Badan Narkotika Nasional).

Sayang, Gories Mere enggan bersaing menuju kursi 1 NTT. “Saya tidak maju,” ujar mantan komandan Densus 88 itu usai melantik Drs. Aloysius Dengi Dando, MM sebagai Kepala BNN Provinsi NTT, belum lama ini.

Tapi namanya juga poilitik, segala sesuatu bisa berubah kapan saja. Sebab, politik riil sangat identik dengan ilmu dan seni tentang kemungkinan. Sesuatu yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin. Begitupun sebaliknya. Kemarin bilang tidak, hari ini bisa saja bilang ya.

Terlepas dari Gories Mere, dari figur yang ada, kaca mata publik, khususnya orang Flores nampak lebih fokus kepada dua tokoh, yakni Christian Rotok dan Frans Lebu Raya. Kedua kandidat ini ibarat Lionel Messi versus Christian Ronaldo. Sama-sama berbahaya di depan gawang. Namun, pantauan SERGAP NTT menyebutkan, warga Flores lebih condong mengelukan Christian Rotok ketimbang Frans Lebu Raya. Apalagi masyarakat Maanggarai, mulai dari Timur sampai Barat.

“Kalau boleh jujur, saya menilai pak Christian Rotok lebih layak pimpin ini NTT. Dia itu orang Manggarai Timur, tapi bisa jadi Bupati Manggarai. Dua periode lagi. Itu artinya ada sesuatu yang positif dalam diri beliau. Fakta berikut adalah Manggarai  dibawah kepemimpinannya menjadi lebih baik, mulai dari urusan kesejahteraan rakyat hingga pembangunan sarana prasarana. Jika ada yang bilang tidak ada perubahan, berarti dia punya mata ada buta, hhhhh,” ujar Heri Meka (37), salah satu tokoh muda asal Kabupaten Ngada di Kupang, Kamis (24/5/12).

Saat bincang-bincang dengan SERGAP NTT di bilangan jalan El Tari Kupang, Heri mengaku, selama tahun 2012 ini ia selalu bolak-balik Kupang – Manggarai. “Saya lihat dengan mata kepala saya sendiri. Luar biasa pembangunan yang ada di Manggarai. Kuping saya juga tidak tuli bung, betapa kompaknya orang Manggarai mensuport Chris Rotok jadi Calon Gubernur. Nah, saya pribadi juga mendukung Chris Rotok. Karena menurut saya, dia lebih baik dari Frans Lebu Raya atau yang lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Forum Politisi Muda Manggarai Raya, Yoakim Abi mengatakan, munculnya Christian Rotok menjadi Calon Gubernur NTT periode 2013-2018 bisa mengubur mimpi Benny Harman menjadi Gubernur NTT.

“Itu jelas berdampak langsung bagi Beni Harman yang memiliki mimpi untuk jadi gubernur NTT. Karena Rotok akan mendapat dukungan penuh dari masyarakat Manggarai Raya, ketimbang Harman,” kata Abi seperti dilansir situs viktory news.

Kata Abi, dari sisi popularitas dan kedekatan dengan masyarakat, Beni Harman tertinggal jauh dari Chris Rotok. Sebab, Chris Rotok merupakan kader asal Manggarai Timur yang pernah menjabat sebagai Sekda Kabupaten Manggarai Barat dan sekarang menjadi Bupati Manggarai periode kedua.  Sementara Benny Harman, lanjut Abi, hanyalah seorang anggota DPR RI yang belum berbuat banyak untuk masyarakat.

“Jadi elektabilitas dukungan terhadap Christian Rotok teruji kekuatannya dibandingkan dengan Beni Harman,” ujarnya.

Di samping itu keakurannya dengan Wakil Bupati Deno Kamelus selama dua periode membuat seluruh mata masyarakat NTT menyorotinya sebagai sosok yang ideal untuk pimpin NTT lima tahun ke depan.

Alexander Tamonob, salah satu toko muda asal Timor juga mengaku, Chris Rotok merupakan sosok ideal yang paling tepat memimpin NTT dibandingkan dengan figur-figur lain, seperti  Frans Lebu Raya, Benny Harman atau I.A. Medah. “Secara pribadi sebagai putra Timor saya mau mengatakan bahwa Christian Rotok merupakan figur  yang tepat dan ideal  untuk pimpin NTT,” katanya.

Pengakuan yang sama disampaikan juga oleh politisi senior NTT, Gaspar Ehok. Figur Rotok menurut Gaspar, pantas untuk didukung menjadi Gubernur NTT.

“Secara pribadi saya juga kenal siapa itu Chris Rotok karena dia perna bersama-sama dengan saya,” kata Gaspar di Kupang, Senin (21/5) kemarin.

Selain itu, jelas Gaspar,  Rotok, merupakan sosok yang berani mengatakan kepada publik kalau dirinya siap maju sebagai calon gubernur NTT. “Saya pikir itu tipe pemimpin yang gentle, yang tidak mau sungkan-sungkan menyatakan diri untuk maju. Secara sporadis, saya mendengar pengakuan dari tokoh-tokoh dari daerah lain yang siap mendukung Rotok untuk maju sebagai calon gubernur,” paparnya.

by. doni/vn

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.