SERGAP NTT - Fri, Jan 18th, 2013

Dasawisma Raih Adikarya Pangan Nusantara

Share This
NEWS

dasawisma mangga Dasawisma Raih Adikarya Pangan Nusantarasergapntt.com, KUPANG – Dasawisma “Mangga”, kelompok tani yang dipelopori ibu-ibu dari Kabupaten Ende keluar sebagai peserta terbaik dalam penilaian Adikarya Ketahanan Pangan Nusantara tahun 2012 dan berhak menerima penghargaan yang diberikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana negara beberapa waktu lalu.

Kelompok ini juga, sebelumnya pernah meraih juara 1 tingkat propinsi NTT dalam konteks ketahanan pangan dan pemberdayaan pangan local dengan memaksimalkan potensi pekarangan rumah dari setiap anggota kelompok dengan menanam berbagai pangan local, seperti sayuran, buah-buahan, usaha ternak dan usaha rumah tangga lainnya.

Keberhasilan kelompok ini tidak terlepas dari intervensi serta pendampingan dari Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (B2KP) Propinsi NTT. Kelompok ini bahkan sedikit difasilitasi dana dan pendampingan dari kegiatan percepatan penganekaragaman pangan dari unit bantuan untuk pengembangan pekarangan.

“Aktivitas  kelompok dasawisma ini  adalah memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk usaha pekarangan guna memenuhi kebutuhan pangan keluarga. Kita sudah verifikasi dan kita nilai kelompok ini adalah yang terbaik dari semua kabupaten/kota.  Kita dari B2KP memang ada sedikit internvensi dana untuk kegiatan percepatan penganekaragaman pangan berupa bantuan pengembangan pekarangan. Keunggulan yang dimiliki kelompok ini adalah selain untuk anggota kelompok tetapi mereka sudah menyebarkan program ini juga ke masyarakatkat umum.  Ada masyarakat yang sampaikan ke kita bahwa mereka bisa menekan freksuensi ke pasar hanya untuk berbelanja sayuran dan kebutuhan lainnya karena sudah bisa memanfaatkan dari pekarangan yang ada. Ini yang luar biasa dan kita sangat dukung,” papar Yudith Palentek, Kabid Penganekaragaman Pangan pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Propinsi NTT.

by. fidel

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.