SERGAP NTT - Mon, May 27th, 2013

Esthon – Paul Ancam Gugat KPU Ke MK

Share This

Ali Antonius Esthon – Paul Ancam Gugat KPU Ke MKsergapntt.com, KUPANG – Kendati KPU NTT belum mengumumkan hasil perolehan suara Pilgub NTT putaran ke 2, namun pasangan Esthon Foenay – Paul E. Tallo mengancam akan menggugat KPU ke MK.

Ancaman tersebut disampaikan kuasa hukum paket Esthon – Paul, Ali Antonius. “Kami akan menggugat hasil pilgub NTT, jika hasilnya tidak sesuai dengan penghitungan kami,” katanya.

Artinya, jika KPU menentapkan Esthon – Paul sebagai pemenang Pilgub NTT, maka rencana gugatan ke MK diurungkan.

Menurut Antonius, Pilgub putaran ke 2 banyak ditemukan kecurangan, diantaranya dugaan politik uang di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), dan salah satu Ketua KPPS di Kabupaten Sumba Barat Daya mencoblos 10 surat suara sekaligus. “Kasus ini sudah diproses oleh panwaslu setempat,” katanya.

Sedangkan di Kabupaten Lembata ditemukan upaya Ketua DPC PDIP Lembata membeli 10 ribu suara dari Ketua DPC Partai Gerindra Lembata. “Kami punya rekaman pembicaraan penawaran itu,” katanya.

Kasus lain terjadi di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), yakni salah satu Ketua PPK meminta tim sukses pasangan calon Esthon-Paul untuk merubah hasil suara C1-KWK. “Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk melanjutkan gugatan ke MK,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu NTT, Nelci Ringu, mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti untuk memproses dugaan politik uang di TTS dan sejumlah pelanggaran Pilgub NTT. “Kami masih kumpulkan bukti-bukti,” imbuhnya.

by. ady

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.