SERGAP NTT - Mon, May 27th, 2013

Esthon – Paul Ancam Gugat KPU Ke MK

Share This

Ali Antonius Esthon – Paul Ancam Gugat KPU Ke MKsergapntt.com, KUPANG – Kendati KPU NTT belum mengumumkan hasil perolehan suara Pilgub NTT putaran ke 2, namun pasangan Esthon Foenay – Paul E. Tallo mengancam akan menggugat KPU ke MK.

Ancaman tersebut disampaikan kuasa hukum paket Esthon – Paul, Ali Antonius. “Kami akan menggugat hasil pilgub NTT, jika hasilnya tidak sesuai dengan penghitungan kami,” katanya.

Artinya, jika KPU menentapkan Esthon – Paul sebagai pemenang Pilgub NTT, maka rencana gugatan ke MK diurungkan.

Menurut Antonius, Pilgub putaran ke 2 banyak ditemukan kecurangan, diantaranya dugaan politik uang di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), dan salah satu Ketua KPPS di Kabupaten Sumba Barat Daya mencoblos 10 surat suara sekaligus. “Kasus ini sudah diproses oleh panwaslu setempat,” katanya.

Sedangkan di Kabupaten Lembata ditemukan upaya Ketua DPC PDIP Lembata membeli 10 ribu suara dari Ketua DPC Partai Gerindra Lembata. “Kami punya rekaman pembicaraan penawaran itu,” katanya.

Kasus lain terjadi di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), yakni salah satu Ketua PPK meminta tim sukses pasangan calon Esthon-Paul untuk merubah hasil suara C1-KWK. “Kami sedang mengumpulkan bukti-bukti untuk melanjutkan gugatan ke MK,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu NTT, Nelci Ringu, mengatakan, pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti untuk memproses dugaan politik uang di TTS dan sejumlah pelanggaran Pilgub NTT. “Kami masih kumpulkan bukti-bukti,” imbuhnya.

by. ady

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.
albert tori says:

saya sebagai warga NTT cukup bangga,pertama masyarakat NTT sudah melaksanakan amanah UU, sehingga mereka berpartisipasi dalam pilkada gubernur, apapun hasilnya adalah itu merupakan kehendak rakyat, kita juga perlu belajar tentang demokrasi yang sesungguhnya seperti amerika, sikap sportifitas di junjung tinggi, saya yakin masih ada kesempatan berikutnya untuk bersanding dalam ajang pilkada. Kedua, ketenangan masyarakat NTT dalam ajang pilkada NTT merupakan sesuatu yang perlu di angkat jempol, karena mereka menjaga demokrasi dengan rasa aman, bersahabat dan tenang. salam sejatera buat kita semua…..

Yosef Tanu says:

Kebesaran seseorang bukan di ukur dari kalah menangnya, tapi bagaimana ia bersikap. sikap sportif adalah sebuah kehormatan yg hilang dalam rana politik Indonesia, akankah sikap dewasa menerima kehendak rakyat ini akan nampak, ataukah ambisi menang dengan mencari dalil pembenar, kami generasi muda NTT menanti hal ini. semoga kami mendapat pembelajaran yg positif, bila tidak maka para senior yg semntara berlaga kami anggap tdk mempunyai kwalitas yg pantas kami generasi muda teladani. jika lupa atau ada yg belum paham, maka belajarlah walau hnya sedikit ttg sportifitas para samurai. kami generasi penerus NTT akan sangat bangga jika pemilukada NTT kali ini memberikan pembelajaran yg positif. sekian comen, salam dan sukses untuk masyarakat NTT yg telah berpartisipasi dalam pemilukada NTT hingga putaran kedua.