SERGAP NTT [Media Revolusi] http://www.sergapntt.com Nusa Tenggara Timur Fri, 27 May 2016 09:59:38 +0000 en-US hourly 1 https://wordpress.org/?v=4.5.2 Jika Tidak Menghadap Untuk Diperiksa, Anggota DPRD Ini Bakal Dijemput Paksa http://www.sergapntt.com/jika-tidak-menghadap-untuk-diperiksa-anggota-dprd-ini-bakal-dijemput-paksa/ http://www.sergapntt.com/jika-tidak-menghadap-untuk-diperiksa-anggota-dprd-ini-bakal-dijemput-paksa/#respond Fri, 27 May 2016 09:57:49 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17036 Rofinus, mengaku, siap memenuhi panggilan polisi. “Sebagai warga negara, saya pasti datang menghadap. Saya siap mempertanggungjawabkan apa yang telah saya buat,” ujar Rofinus kepada sergapntt.com per telepon, Jumat (27/5/16).

Rofinus, mengaku, siap memenuhi panggilan polisi. “Sebagai warga negara, saya pasti datang menghadap. Saya siap mempertanggungjawabkan apa yang telah saya buat,” ujar Rofinus kepada sergapntt.com per telepon, Jumat (27/5/16).

sergapntt.com, MBAY – Sudah tiga kali penyidik tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres Ngada memanggil Anggota DPRD Kabupaten Nagekeo, Rofinus Jo Wasek.

Rofinus dipanggil untuk diperiksa sebagai saksi terkait dugaan korupsi pada proyek pompa hydrant senilai Rp1 miliar di Dinas Pertanian Nagekeo yang ia kerja sendiri pada tahun 2010 lalu.

Kapolres Ngada AKBP. Andi Nurwandy, SIK melalui kanit Tipikor Polres Ngada Bripka Walter Dj, mengatakan, Rofinus sudah dipanggil sebanyak tiga kali. Panggilan pertama Rofinus beralasan masih mengikuti studi banding di Bandung. Panggilan kedua, Rofinus tidak menghadap.

BACA JUGA: Kontraktor Proyek Bermasalah Dilantik Sebagai Anggota DPRD Nagekeo

“Karena itu, Kamis (26/5/16) kita buat panggilan lagi dengan Nomor: B/24/V/2016/Reskrim, tanggal 25/5/2016,” ujar Walter kepada sergapntt.com, Jumat (27/5/16).

Informasi yang dihimpun sergapntt.com, menyebutkan, jika di panggilan ke 3 ini Rofinus tidak menghadap untuk diperiksa, maka Rofinus akan dijemput secara paksa oleh aparat Polres Ngada.

Namun kepada sergapntt.com, Rofinus, mengaku, siap memenuhi panggilan polisi. “Sebagai warga negara, saya pasti datang menghadap. Saya siap mempertanggungjawabkan apa yang telah saya buat,” ujar Rofinus kepada sergapntt.com per telepon, Jumat (27/5/16). (SG)

]]>
http://www.sergapntt.com/jika-tidak-menghadap-untuk-diperiksa-anggota-dprd-ini-bakal-dijemput-paksa/feed/ 0
SUPM Kupang Wisuda 115 Lulusan, 69 Langsung Bekerja di Dalam dan Luar Negeri http://www.sergapntt.com/supm-kupang-wisuda-115-lulusan-69-langsung-bekerja-di-dalam-dan-luar-negeri/ http://www.sergapntt.com/supm-kupang-wisuda-115-lulusan-69-langsung-bekerja-di-dalam-dan-luar-negeri/#respond Fri, 27 May 2016 09:25:31 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17033 SUPM Kupang merupakan salah satu dari 9 SUPM lingkup KKP yang menerapkan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory.

SUPM Kupang merupakan salah satu dari 9 SUPM lingkup KKP yang menerapkan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory.

sergapntt.com, KUPANG – Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Kupang mewisuda 115 lulusan pada Sabtu, 28 Mei 2016.

“Sehubungan dengan berakhirnya Tahun Pelajaran 2015/2016, maka SUPM Kupang akan menyelenggarakan wisuda pada Sabtu, pukul 08.00 WITA s.d. selesai di SUPM Kupang,” kata Humas Humas BPSDMP Kementerian Kelautan dan Perikanan, M.N. Auliya kepada sergapntt.com, Jumat (27/5/16).

Acara wisuda akan dihadiri oleh Bupati Kupang Ayub Titu Eki dan Kepala Pusat Pendidikan Kelautan dan Perikanan (KKP).

Dari 115 lulusan yang diwisuda tahun ini, sebanyak 69 di antaranya akan langsung bekerja di perusahaan perikanan, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. “69 itu telah direkrut sebelum wisuda,” kata Auliya.

Auliya menjelaskan, lulusan yang bekerja di luar negeri akan kembali ke Indonesia dan menjabarkan pengalaman mereka demi pengembangan usaha di sektor kelautan dan perikanan. Sementara sisanya akan melanjutkan pendidikan, berwirausaha, dan lain-lain.

SUPM Kupang merupakan salah satu dari 9 SUPM lingkup KKP yang menerapkan sistem pendidikan vokasi dengan pendekatan teaching factory. Pendekatan tersebut menghadirkan sarana dan prasarana industri kelautan dan perikanan sesuangguhnya di dalam kampus dengan porsi 70% praktik dan 30% teori.

Satuan pendidikan ini merupakan rujukan (center of excellence) bagi Sekolah Menengah Kejuruan di sektor kelautan dan perikanan. Sebanyak 44% dari total peserta didik pada satuan pendidikan KKP diperuntukkan bagi anak pelaku utama di sektor kelautan dan perikanan (nelayan, pembudidaya dan pengolah ikan, serta petambak garam) yang kurang mampu. (Ria)

 Media Yang Diundang Meliput Wisuda SUPM Kupang

  1. Kantor Berita Antara
  2. Erende Pos
  3. Victory News
  4. Timex
  5. Pos Kupang
  6. Sergap NTT
  7. RRI Kupang
  8. TVRI Kupang
]]>
http://www.sergapntt.com/supm-kupang-wisuda-115-lulusan-69-langsung-bekerja-di-dalam-dan-luar-negeri/feed/ 0
Presiden Jokowi Jadi Pembicara Utama di KTT G-7 Outreach Hari Ini http://www.sergapntt.com/presiden-jokowi-jadi-pembicara-utama-di-ktt-g-7-outreach-hari-ini/ http://www.sergapntt.com/presiden-jokowi-jadi-pembicara-utama-di-ktt-g-7-outreach-hari-ini/#respond Fri, 27 May 2016 00:33:55 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17030 Presiden Jokowi akan bertolak kembali ke Tanah Air pada petang hari dan diperkirakan tiba di Jakarta Jumat tengah malam.

Presiden Jokowi akan bertolak kembali ke Tanah Air pada petang hari dan diperkirakan tiba di Jakarta Jumat tengah malam.

sergapntt.com, SHIMA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ‎menghadiri KTT G-7 Outreach yang dimulai hari ini, Jumat (27/5/2016), di Ise-Shima, Jepang.

Tiba di Shima Kanko Hotel the Classic, tempat berlangsungnya pelaksanaan KTT G-7 Outreach, Presiden Jokowi disambut oleh Perdana Menteri Shinzo Abe.

Dalam KTT ini, acara pertama yang diikuti Jokowi adalah Sesi I G7 Outreach Meeting. Di sesi ini, Presiden Jokowi duduk di sisi kanan PM Abe dan di samping kiri Kanselir Jerman Angela Merkel.

Di sesi ini, ‎Jokowi menjadi pembicara utama dalam pembahasan mengenai stabilitas dan kesejahteraan Asia. Usai sesi ini, Jokowi akan bertemu dengan Abe dalam Sesi Short Conversation.

Dalam pertemuan ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil, Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Hadad, dan Dubes Indonesia untuk Jepang Yusron Ihza Mahendra.

Sementara PM Abe didampingi antara lain oleh Wakil Menteri Sekretaris Negara Seto dan Penasihat Khusus PM Hasegawa, Wakil Menteri Luar Negeri Sugiyama.

Usai bertemu PM Abe, Jokowi mengikuti sesi foto bersama dan berdiri di antara Presiden Prancis François Hollande dan PM Inggris David Cameron. Acara kemudian berlanjut pada Sesi II G7 Outreach Meeting. Pada sesi ini, Jokowi duduk di antara PM Abe dan PM Inggris David Cameron.

Di sini Menteri PPN Sofyan Djalil akan menjelaskan pentingnya global partnership, serta peningkatan global health coverage di Indonesia. Di penghujung acara KTT, Presiden Jokowi mengadakan pertemuan dengan Presiden Prancis François Hollande.

Dalam keterangan tertulis Tim Komunikasi Presiden Ari Dwipayana, disebutkan Presiden Jokowi akan bertolak kembali ke Tanah Air pada petang hari dan diperkirakan tiba di Jakarta Jumat tengah malam.‎ (Her/L6)

]]>
http://www.sergapntt.com/presiden-jokowi-jadi-pembicara-utama-di-ktt-g-7-outreach-hari-ini/feed/ 0
Status Bandara Komodo Akan Ditingkatkan Menjadi Bandara Internasional http://www.sergapntt.com/status-bandara-komodo-akan-ditingkatkan-menjadi-bandara-internasional/ http://www.sergapntt.com/status-bandara-komodo-akan-ditingkatkan-menjadi-bandara-internasional/#respond Thu, 26 May 2016 22:02:09 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17027 Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

sergapntt.com, LABUAN BAJO – Status Bandara Komodo, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat akan ditingkatkan menjadi Bandara Internasional.

Karena itu, landasan pacu bandara akan diperpanjang dan diperlebar, sehingga bisa didarati pesawat-pesawat berbadan lebar dari negara originasi (masuknya unsur kebudayaan yang sama sekali baru dan sebelumnya tidak dikenal sehingga menimbulkan perubahan besar dalam masyarakat).

Peningkatan status tersebut sudah menjadi komitmen Menteri Perhubungan Ignatius Jonan. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya di Labuan Bajo, Kamis.

“Diminta atau tidak diminta, kalau kebutuhan sektor pariwisata mensyaratkan infrastruktur perhubungan, sudah pasti akan dibangun negara. Ini yang sering kami sebut Indonesia Incorporated,” kata Menteri Arief Yahya.

Saat ini, Bandara Komodo rata-rata mengangkut 600 orang setiap harinya. Kapasitas dan daya angkutnya akan dinaikkan, untuk memenuhi target 500 ribu wisman setahun di 2019. Akses ini mirip benwidth dalam transfer data dalam telekomunikasi yang dihitung dengan bit per second (bps).

“Kalau benwidth nya rendah, jangan berharap bisa up load dan down load data dan gambar dengan cepat,” kata Arif dan menambahkan soal amenitas, itu “pekerjaan rumah” yang harus segera dikebut.

“Jika target tahun 2019 kunjungan wisman ke Flores dengan ikon Komodo, Labuan Bajo, adalah 500 ribu, maka kapasitas kamar dan segala fasilitasnya pun harus sebanding. Tentu saat ini, daya tampung kamar hotel dan resort jauh dari cukup, dan untuk membangunnya pun butuh waktu,” kata Arif.

Amenitas ini mirip dengan server dalam teknologi komunikasi. Jika akses atau benwidth sudah besar, server atau memory cardnya tidak cukup, maka data pun tidak bisa terkirim dan tersimpan dengan baik.

“Mana yang harus didahulukan? Dua dari tiga A itu? Dua-duanya harus dimulai secara paralel. Tiga A itu adalah syarat sebuah destinasi bisa dipromosikan besar-besaran sesuai dengan target originasi. Itulah mengapa Kemenpar di awal tahun mengutamakan tiga greaters, Bali, Jakarta dan Kepri (Batam-Bintan), karena lebih siap dengan 3A-nya. Paling siap infrastruktur pariwisatanya,” tegas Arif.

Pengembangan pariwisata sekarang ini menggunakan  konsep 3A, yakni Atraksi, Akses dan Amenitas. (Her/Ant)

]]>
http://www.sergapntt.com/status-bandara-komodo-akan-ditingkatkan-menjadi-bandara-internasional/feed/ 0
Gubernur NTT Diminta Segera Bentuk Badan Otoritas Pariwisata Flores http://www.sergapntt.com/gubernur-ntt-diminta-segera-bentuk-badan-otoritas-pariwisata-flores/ http://www.sergapntt.com/gubernur-ntt-diminta-segera-bentuk-badan-otoritas-pariwisata-flores/#respond Thu, 26 May 2016 21:48:11 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17024 Salah satu obyek wisata di pulau Flores.

Salah satu obyek wisata di pulau Flores.

sergapntt.com, KUPANG – Gubernur NTT, Frans Lebu Raya diminta segera membentuk Badan Otoritas Pariwisata (BOP) Flores. Demikian disampaikan Menteri Pariwisata Arief Yahya

Tugas utama BOP Flores adalah memastikan dan mengawal konsep Atraksi, Akses dan Amenitas (3A) sebagai prasyarat pengembangan destinasi utama pariwisata.

“Soal atraksi pariwisata, tidak ada yang meragukan kualitas, keunikan, dan kehebatan NTT dengan ikon Komodonya, termasuk di dalamnya Labuan Bajo, Kelimutu di Ende dan seterusnya sampai ke Alor dan Sumba serta semua potensi wisata yang ada. Semuanya bagus-bagus dan layak disebut berkelas dunia,” kata Menteri Arief di Labuan Bajo, Kamis.

Menteri Arief mencontohkan Tanjung Kelayang Belitung, satu dari 10 “Bali Baru” yang sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata di era Presiden Joko Widodo, yang cepat diproses hanya dalam tiga bulan.

“Agustus 2016 nanti sudah ada ground breaking beberapa hotel chain yang bertaraf internasional di sana. Bupati dan gubernurnya semangat dan agresif. Saya sering bilang, CEO commitment itu paling penting. Keseriusan pimpinan daerah itu paling strategis untuk percepatan sebuah kawasan itu jadi,” Arief Yahya.

Ia menambahkan lahan yang dikelola untuk KEK tahap I sudah diselesaikan 324,4 hektare, dan sudah diserahkan lagi 757 hektare di Desa Juru Sebrang, untuk dibangun KEK lagi di Belitung. Sementara itu, Gubernur Bangka Belitung menyiapkan lagi lahan seluas 1.000 hektare di Bangka untuk KEK yang bisa dijadikan sebagai pusat amnitas yang berkelas dunia, dan siap menampung wisatawan lebih banyak lagi.

“Ketika 3A itu progres, maka segala rupa promosi dan sales bisa dilakukan lebih gencar dan terarah. Kegiatan-kegiatan sport tourism seperti Tour de Flores juga bisa digarap lebih profesional. Ini akan menambah atraksi di Flores, sekaligus meningkatkan promosi destinasinya,. Karena itu, BOP Flores perlu dipercepat,” pinta Arief. (Her/Antara)

]]>
http://www.sergapntt.com/gubernur-ntt-diminta-segera-bentuk-badan-otoritas-pariwisata-flores/feed/ 0
Satpol PP dan PM Tangkap 9 PSK dan 1 Pria Mucikari http://www.sergapntt.com/satpol-pp-dan-pm-tangkap-9-psk-dan-1-pria-mucikari/ http://www.sergapntt.com/satpol-pp-dan-pm-tangkap-9-psk-dan-1-pria-mucikari/#respond Wed, 25 May 2016 22:44:52 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17021 Petugas Satpol PP Lebak, Banten mendata PSK yang terjaring razia.

Petugas Satpol PP Lebak, Banten mendata PSK yang terjaring razia.

sergapntt.com, LEBAK – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Lebak, Banten, bersama aparat TNI dari Detasemen Polisi Militer (PM) setempat menangkap 9 PSK dan 1 pria mucikari.

10 orang tersebut ditangkap saat Satpol PP dan PM merazia Kampung Cipager di Kecamatan Sajira serta wilayah terminal lama Rangkasbitungpada pukul 21.00 WIB dan berakhir pada pukul 01.45 WIB, Rabu (25/5/16) MALAM.

Dikampung Cipager, petugas menjaring empat Pekerja Seks Komersial (PSK) yang sedang mangkal di warung remang-remang. Sedang di terminal lama Rangkasbitung, petugas menjaring lima PSK dan satu pria yang diduga sebagai muncikari.

“Ini bagian dari razia rutin dan akan terus kami tingkatkan lagi jelang bulan suci Ramadan. Mereka yang terjaring akan kami data dan kami lakukan pembinaan,” kata Vidia Indra, Kasatpol PP Lebak.

Bagi mereka yang tidak terbukti sebagai PSK, lanjut Vidia, akan dikembalikan kepada keluarganya.

Sepuluh orang yang terjaring itu, antara lain ML (24), ER (35), VT (20), SR (32), MD (25), AN (30), ROS (20), AS (30), serta AR (36), pria yang diduga sebagai muncikarinya. (san/ad/mnc)

]]>
http://www.sergapntt.com/satpol-pp-dan-pm-tangkap-9-psk-dan-1-pria-mucikari/feed/ 0
Jefri Riwu Kore Terpilih Sebagai Ketua Partai Demokrat Provinsi NTT http://www.sergapntt.com/jefri-riwu-kore-terpilih-sebagai-ketua-partai-demokrat-provinsi-ntt/ http://www.sergapntt.com/jefri-riwu-kore-terpilih-sebagai-ketua-partai-demokrat-provinsi-ntt/#respond Wed, 25 May 2016 21:54:35 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17018 sergapntt.com, KUPANG – Anggota DPR RI, Jefri Riwu Kore terpilih sebagai Ketua Partai Demokrat Provinsi Nusa Tenggara Timur

Jefri Riwu Kore (baret biru) foto bareng usai terpilih sebagai Ketua Partai Demokrat Provinsi NTT, Rabu (25/5/16).

Jefri Riwu Kore (baret biru) foto bareng pendukungnya usai terpilih sebagai Ketua Partai Demokrat Provinsi NTT, Rabu (25/5/16).

(NTT) masa bahkti 2016-2021.

Jefri terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) III Partai Demokrat NTT yang digelar di Neo Hotel by Aston, Rabu (25/5/16).

Musda Partai Demokrat tersebut dibuka oleh Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi dan Kelembagaan Jenderal (Purn) Pramono Edi Wibowo. Hadir juga Anggota DPR RI asal Partai Demokrat, Beny K. Harman. (Rio)

]]>
http://www.sergapntt.com/jefri-riwu-kore-terpilih-sebagai-ketua-partai-demokrat-provinsi-ntt/feed/ 0
EU-UNDP Dukung terciptanya Sistem Peradilan Anak yang terintegrasi di Kupang http://www.sergapntt.com/eu-undp-dukung-terciptanya-sistem-peradilan-anak-yang-terintegrasi-di-kupang/ http://www.sergapntt.com/eu-undp-dukung-terciptanya-sistem-peradilan-anak-yang-terintegrasi-di-kupang/#respond Wed, 25 May 2016 21:44:33 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17015 Kepala Penasehat Teknis dan Manajer Proyek EU-UNDP-SUSTAIN, Gilles Blanchi.

Kepala Penasehat Teknis dan Manajer Proyek EU-UNDP-SUSTAIN, Gilles Blanchi.

sergapntt.com, KUPANG –  Pengadilan Anak (PA) Kupang yang merupakan satu dari lima PA contoh di Indonesia diresmikan oleh Hakim Agung, Sri Murwahyuni SH, MH, Rabu (25/5/16).

Keberadaan PA Kupang merupakan proyek EU-UNDP-SUSTAIN yang didanai oleh Uni Eropa bekerjasama dengan Mahkamah Agung.

Selain peresmian fasilitas pengadilan anak, UNDP juga mengadakan kegiatan advokasi UU No. 11/2012 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) bagi pemangku kepentingan di Hotel Sotis, Kupang.

Para pemangku kepentingan serta institusi yang memegang peranan penting dalam sistem peradilan anak Indonesia antara lain Mahkamah Agung, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepolisian Republik Indonesia, Komisi Nasional Perlindungan Anak, pemerintah daerah dan organisasi masyarakat sipil.

Institusi institusi tersebut akan secara berkelanjutan terlibat dalam serangkaian diskusi di lima pengadilan lainnya,  diawali di Kupang lalu akan dilaksanakan di Stabat, Sleman, Cibinong serta Manado.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi permasalahan penanganan tindak kejahatan anak di bawah umur untuk kemudian merumuskan rencana aksi yang dapat meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar lembaga, agar  semua pihak terkait memiliki wawasan dan paradigma yang sama dalam menjalankan prosedur investigasi, penuntutan, proses, termasuk advokasi sebelum dan sesudah pengadilan dalam sistem peradilan restoratif.

“Uni Eropa sangat menjunjung tinggi hak-hak anak dalam semua aspek kehidupan, termasuk dalam sistem peradilan. Hukum Indonesia tentang SPPA telah menunjukkan komitmen negara ini untuk melindungi hak-hak anak.  Kami sangat mendukung upaya pemerintah Indonesia untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak yang berkonflik dengan hukum melalui pendekatan keadilan restoratif dan sertifikasi aparat penegak hukum,” ucap Franck Viault,  Kepala Kerjasama Delegasi Uni Eropa di Indonesia.

“Pemberlakuan UU SPPA pada tahun 2012 merupakan kemajuan besar dalam sistem peradilan anak di Indonesia, dan EU-UNDP SUSTAIN bekerja bersama sama dengan Mahkamah Agung sebagai mitra utama dalam implementasi SPPA. Kelompok Kerja Perempuan dan Anak MA RI selama ini merupakan think-tank  dari implementasi UU ini di pengadilan. EU-UNDP SUSTAIN memastikan bahwa dukungan ini diberikan di tempat-tempat yang paling membutuhkan, seperti terwujudnya jaringan di lima pengadilan yang telah ditunjuk menjadi percontohan,” ucap Gilles Blanchi, Kepala Penasehat Teknis dan Manajer Proyek EU-UNDP-SUSTAIN.

Fasilitas pengadilan anak yang diresmikan di Pengadilan Negeri Kupang merupakan bagian dari dana bantuan Uni Eropa sebesar € 10 juta  yang ditujukan untuk mendukung reformasi bidang peradilan di Indonesia, sehingga aparatus pengadilan dapat menyelenggarakan persidangan yang berkaitan dengan anak dibawah umur secara lebih baik, contohnya melalui telekonferensi dimana korban dan pelaku berada di ruangan yang berbeda guna melindungi ancaman psikologis terhadap anak. (Adinda Sekar Prastantri)

]]>
http://www.sergapntt.com/eu-undp-dukung-terciptanya-sistem-peradilan-anak-yang-terintegrasi-di-kupang/feed/ 0
Hari Ini, Dirjen Pengadilan Umum Resmikan Pengadilan Anak Kupang http://www.sergapntt.com/hari-ini-dirjen-pengadilan-umum-resmikan-pengadilan-anak-kupang/ http://www.sergapntt.com/hari-ini-dirjen-pengadilan-umum-resmikan-pengadilan-anak-kupang/#respond Tue, 24 May 2016 21:04:33 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17008 Data Kemensos RI 2016, menyebutkan, terdapat 5,988 anak yang berhadapan dengan hukum di Indonesia, baik sebagai saksi, korban maupun tersangka.

Data Kemensos RI 2016, menyebutkan, terdapat 5,988 anak yang berhadapan dengan hukum di Indonesia, baik sebagai saksi, korban maupun tersangka.

sergapntt.com, KUPANG – Hari ini, Rabu 25 Mei 2016, fasilitas pengadilan anak di Kupang diresmikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum MARI.

Demikian disampaikan EU-UNDP Sustain, Angelin Sumendap kepada sergapntt.com via mail 18 Mei 2016. “Peresmian akan dilakukan pukul 11.00 Wita,” tulis Angelin.

Menurut Angelin, keberadaan Pengadilan Anak ini bertujuan untuk melindungi hak-hak anak yang berhadapan dengan hukum, terutama anak dibawah umur yang melakukan petty crimes atau kejahatan kecil dan dituntut maksimal lima tahun. “Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) ini diatur dalam UU No 11/2012,” tegasnya.

Hingga saat ini, kata dia, implementasi SPPA belum sepenuhnya berjalan efektif. Karena itu dibutuhkan koordinasi antar badan penyidik, badan peradilan dan lembaga pembinaan agar hak-hak anak yang tercantum dalam SPPA dapat sepenuhnya terlindungi.

Pengresmian PA Kupang ini merupakan salah satu proyek EU-UNDP SUSTAIN, yakni proyek dukungan terhadap pembaruan peradilan untuk Mahkamah Agung yang berlangsung dari 2015-2019 dan didanai oleh Uni Eropa sebesar  € 10 juta.

“Salah satu mandat dari proyek EU-UNDP SUSTAIN adalah untuk mendukung Mahkamah Agung, melalui kelompok kerja (pokja) perempuan dan anak dalam mengimplementasikan SPPA dengan optimal di Indonesia,”  kata Angelin.

Data Kemensos RI 2016, menyebutkan, terdapat 5,988 anak yang berhadapan dengan hukum di Indonesia, baik sebagai saksi, korban maupun tersangka.

Kepada media yang diundang untuk meliput acara pengresmian PA Kupang diharapkan membawa serta undangan. “Harap membawa undangan ini pada saat acara berlangsung,” tutup Angelin. (MKIJE)

]]>
http://www.sergapntt.com/hari-ini-dirjen-pengadilan-umum-resmikan-pengadilan-anak-kupang/feed/ 0
Tour de Flores Jadi Trending Topic di Twitter dan Facebook http://www.sergapntt.com/tour-de-flores-jadi-trending-topic-di-twitter-dan-facebook/ http://www.sergapntt.com/tour-de-flores-jadi-trending-topic-di-twitter-dan-facebook/#respond Tue, 24 May 2016 20:05:37 +0000 http://www.sergapntt.com/?p=17005 Menteri Pariwisata, Arief Yahya didampingi Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Labuan Bajo, Senin (23/5/16).

Menteri Pariwisata, Arief Yahya didampingi Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Labuan Bajo, Senin (23/5/16).

sergapntt.com, LABUAN BAJO – Gawe Tour de Flores (TdF) yang berlangsung sejak 19 – 23 Mei 2016 berhasil menyedot perhatian publik melalui media sosial.

Hal ini disampaikan Menteri Pariwisata, Arief Yahya pada saat menutup kegiatan Tour de Flores di halaman Kantor Bupati Manggarai Barat, Senin (23/5/16). Ia menyebut Tour de Flores menjadi trending topic masyarakat nasional dan internasional di facebook twitter.

Menurut Menpar, TdF merupakan lomba balap sepeda internasional pertama untuk kawasan Indonesia Timur. Acara ini hendaknya menjadi agenda penting pengembangan pariwisata Flores.

“Pariwisata merupakan salah satu sektor unggulan. Presiden Jokowi telah meminta seluruh kementerian dan lembaga agar mendukung target 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019,” katanya.

“Kementerian Pekerjaan Umum dan Kementerian Perhubungan mendukung sepenuhnya pengembangan infrastruktur pariwisata. Flores harus menjadi primary destination dan bukannya secondary destination,” sambung Arief.

Menpar pun meminta pemerintah daerah agar membereskan pembebasan lahan perpanjangan landasan pacu Bandara Udara Komodo menjadi 3.000 meter dari panjang landasan saat ini yang hanya 2.500 meter.

Gubernur NTT Frans Lebu Raya, meminta agar para bupati se Pulau Flores dapat meningkatkan sinergitas dan koordinasi agar kegiatan Tour de Flores di tahun 2017 berjalan mulus.

“Dengan persiapan yang singkat hanya selama enam bulan, kita telah sukses menyelenggarakan event internasional pertama di NTT. Kita harapkan dua tahun lagi Tour de Flores akan melalui jalur baru yakni Pantai Utara Flores,” ujar Frans. (Aventus/Rit)

]]>
http://www.sergapntt.com/tour-de-flores-jadi-trending-topic-di-twitter-dan-facebook/feed/ 0