SERGAP NTT - Ming, Agu 9th, 2015

Gedung SDN Kofi Nyaris Roboh, 65 Murid Terancam Tak Bisa Sekolah

Share This

SDN Kofi, Kabupaten Kupang. [FOTO: CS/Minggu 9 Agustus 2015]

SDN Kofi, Kabupaten Kupang. [FOTO: CS/Minggu 9 Agustus 2015]

sergapntt.com, KOFI –  Kondisi gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kofi di Desa Oelbiteno, Kecamatan Fatuleu Tengah, Kabupaten Kupang, benar-benar memprihatinkan.

Bangunan yang terbuat dari tiang kayu, berdinding bambu cincang, atap alang-alang, lantai tanah, dan memiliki tiga ruang kelas itu nyaris roboh.

“Kita terpaksa topang pakai kayu dari belakang. Kalau tidak mungkin sudah roboh,” ujar Anggota Komite SDN Kofi, Thomas Tob kepada sergapntt.com, Minggu (9/8/15) siang.

Thomas Tob sedang menunjuk tiang-tiang penopang bangunan SDN Kofi.

Thomas Tob sedang menunjuk tiang-tiang penopang bangunan SDN Kofi.

Menurut Thomas, murid di sekolah tersebut sebanyak 65 anak dan diasuh oleh 4 orang guru. “Kami butuh bantuan segera. Karena kami takut memasuki musim hujan nanti, anak-anak tidak bisa bersekolah lagi,” ucapnya.

Hal yang sama disampaikan Anggota Komite SDN Kofi, Yahya Tafui. “Gedung sekolah ini dibangun pada tahun 2011. Ini hasil swadaya masyarakat. Dan, pada tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Kupang meningkatkan status sekolah ini menjadi sekolah negeri. Tapi sampai hari ini belum ada rencana pembangunan gedung sekolah baru,” paparnya.

Kondisi ruang kelas SDN Kofi.

Kondisi ruang kelas SDN Kofi.

Sebelum tahun 2011, kata Yahya, proses belajar mengajar SDN Kofi dilangsungkan di Kantor Dusun Kofi. “Karena luas kantor tidak memungkinkan lagi, akhirnya tahun 2011 kami bangun ini sekolah,” katanya.

Thomas dan Yahya berharap, pemerintah, baik kabupaten, provinsi maupun pusat segera memberikan perhatian kepada keberadaan SDN Kofi. [CS]

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.