SERGAP NTT - Thu, May 10th, 2012

Gubernur NTT: Saat Ini Semangat Gotong Rotong Semakin Tergerus!

Share This
NEWS

wulanggitang 350x247 Gubernur NTT: Saat Ini Semangat Gotong Rotong Semakin Tergerus!  sergapntt.com, PULULERA – Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong (BB-GRM) IX, Hari Kesatuan Gerakan PKK XXXX dan Hari Keluarga XIX Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), mengisyaratkan semua pihak untuk merefleksikan hal-hal penting yakni gotong royong dan kekeluargaan.

Hal itu dikatakan Gubernur NTT, Drs. Frans Lebu Raya, dalam sambutannya pada acara pencanangan BB-GRM IX, Hari Kesatuan Gerakan PKK dan Hari Keluarga, di Desa Pululera, Kecamatan Wulang Gitang, Kabupaten Flores Timur (Flotim), Rabu (9/5/12).

Berkaitan dengan refleksi sederhana tersebut, Gubernur Lebu Raya menambahkan, pertama, sesungguhnya para leluhur mewariskan hal positif seperti gotong royong dalam proses bertani mulai dari proses membuka lahan sampai memanen, membangun rumah, menyiapkan biaya sekolah anak, perkawinan bahkan kematian. “Namun, saat ini semangat gotong rotong dan kebersamaan semakin tergerus,” kritik Gubernur.

Kedua, kata Gubernur, tantangan hidup berkeluarga dan tugas PKK saat ini dan kedepan akan semakin berat. “Tantangan itu bukan saja soal kesejahteraan, kesetiaan, kejujuran, mendidik anak tetapi juga dalam soal kesetaraan. Dalam keluarga masih terdapat dominasi satu dengan yang lainnya,” jelas Gubernur.

Sedangkan hal ketiga, lanjut Gubernur, pembangunan pedesaan yang partisipatif harus dibenahi secara bersama. Saat ini, sebut Gubernur, kearifan yang mendorong kemandirian ini mulai terkikis sehingga melahirkan ketergantungan. Akibatnya, obsesi dan kreativitas masyarakat untuk berusaha semakin melemah. “Orang lebih bangga disebut miskin untuk mendapatkan bantuan raskin dan bantuan lainnya. Orang lebih nikmat minum kopi Kapal Api daripada minum kopi Hokeng yang diolah sendiri,” tandas Gubernur Frans Lebu Raya.

by. verry guru

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.