SERGAP NTT - Sun, Oct 7th, 2012

Hindari Narkoba, Selamatkan Bangsa Kita

sergapntt.com, LEWOLEBA – Narkoba makin akrab dengan kehidupan bangsa kita. Terutama dengan kawula muda dan remaja. Kenapa kaum muda yang dijadikan sasaran para pengedar narkoba? Karena pemuda mudah dipengaruhi. Selain itu, pemuda adalah generasi emas penerus bangsa. Jadi, untuk menghancurkan sebuah bangsa, maka cukup dengan menghancurkan generasi mudanya saja!

Mau? Tidak kan! Karena itu, kita sebagai remaja cerdas dan berpendidikan, sudah seharusnya kita memerangi narkoba! Karena narkoba, sangat tidak manfaatnya. Yang ada hanya membuat kita mati cepat.

Banyak hal yang bisa kita lakukan agar tidak terpengaruh. Misal dengan menyibukkan diri melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat. Baik kegiatan individual maupun kelompok, atau aktif berorganisasi yang mendidik seperti OSIS dan Pramuka. Selain melatih kepemimpinan dan cara bekerja sama dengan orang lain, mengikuti organisasi seperti di atas, juga melatih kemandirian kita. Dengan begitu, kita bisa lebih sadar diri melawan yang namanya narkoba.

Asal tahu saja, permasalahan narkoba di Indonesia semakin kompleks dan menggurita.  Peredarannya bukan hanya terpusat di kota-kota besar saja, tetapi sudah sampai ke pelosok desa. So, narkoba bisa menyerang siapa saja dan dimana saja.

Hasil survey BNN dan Puslitkes UI menunjukkan penyalahgunaan narkoba cukup tinggi terjadi di sekolah-sekolah. Hal ini menggambarkan bahwa siswa atau pelajar merupakan target yang paling mudah bagi peredaran dan penyalahgunaan narkoba.

Salah satu penyebab meningkatnya penyalahgunaan narkoba adalah kurangnya pendidikan dan informasi tentang bahaya narkoba. Karena itu marilah kita simak beberapa kerugian jika mengkonsumsi narkoba, seperti ganja. Ya,,,, ganja adalah salah satu jenis narkoba yang sering ditemui, berbentuk daun, biasa digunakan dengan cara menghisap. Ada banyak alasan mengapa ANDA HARUS mewaspadai barang ini, antara lain, menghisap ganja akan meningkatkan resiko kanker dan kerusakan paru-paru. Menyebabkan panik, cemas, dan ‘parno’ (perasaan seperti dikejar orang). Ganja juga mengurangi kemampuan melakukan aktivitas yang membutuhkan koordinasi dan konsentrasi, seperti olahraga, menari, latihan drama, dan belajar.

Memakai Ganja akan mengurangi penilaian orang lain terhadap dirimu. Coba pikir, jika kamu berpakaian rapih lalu ada ganja di tanganmu, apa yang kamu lakukan? Apakah kamu biarkan dirimu sering lupa, atau sulit berkendaraan? Apakah kamu biarkan isi dompetmu terkuras? Ganja membatasi dirimu. Ganja mengganggu sekolahmu, hubunganmu dengan keluarga, cara berfikir dan kehidupan sosialmu. Sudah begitu, resiko terhadap kecelakaan atau kekerasan sangat rentan sekali.

Menghisap Ganja tidak menjadikanmu keren, justru sebaliknya penampilanmu lusuh. Ganja menyebabkan ketergantungan. Kamu merasa selalu membutuhkan Ganja dan sulit melepaskan darinya. Menghisap ganja bukan menyelesaikan masalah. Ganja tidak akan menyelesaikan masalah, bahkan masalah akan lebih berat, karena kamu tidak berusaha mencari penyelesaiannya. Bicarakan masalahmu dengan orang yang kamu percayai. Jangan percaya kepada orang yang berkata, bahwa Ganja tidak berbahaya atau akan menjadikan hidupmu lebih baik.

Tidak semua orang memakai Ganja. Kamu tidak membutuhkannya. Jika kamu pikir, semua orang memakai Ganja, kamu keliru. Di Amerika Serikat lebih dari 80% remaja 12-17 tahun belum pernah memakai ganja. Ganja tidak menjadikanmu bahagia, popular atau dewasa.

Apalagi yang kita fikirkan, segera jauhi dan waspadai peredarannya mulai dari diri anda sendiri, keluarga, dan lingkungan sekitar. Karena hidup kita begitu berharga, maka katakan tidak pada Narkoba sekarang juga. Hindari narkoba, selamatkan bangsa kita!

by. ado/bnnp-ntt

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.