SERGAP NTT - Sat, Jun 27th, 2015

Inilah Daerah Wisata Paling Bersih dan Menyejukan di Nusa Tenggara Timur

Pemandangan indah saat melintas di jalan negara di daerah Moni, Ende

Pemandangan indah saat melintas di jalan negara di daerah Moni, Ende

sergapntt.com, CITIZEN – Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) memiliki 1000 daerah tujuan wisata. Namun kebanyakan belum dikeloah secara profesional.

Bisa dibilang pemerintah kurang fokus menjadikan obyek wisata sebagai aset dan pendapatan yang menjanjikan, sedangkan masyarakat masih bersikap acuh tak acuh terhadap potensi disekelilingnya, terutama soal kebersihan daerah wisata.

Beda halnya jika anda mengunjungi kawasan Moni, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Sepanjang jalan negara terlihat bersih, apik dan enak dipandang mata. Ditambah cuaca alam yang dingin dililit panorama hutan yang lebat, anda akan merasakan sensasi kesejukan yang luar biasa.

Tidak percaya? Atur waktu anda, dan kunjungi segera! Jika hasilnya jauh dari harapan anda, maka segera kabari saya, dan saya akan kembali mengunjungi Moni untuk memverifikasi apa yang anda rasakan, hehehehe…!

So, bagi saya, kawasan Moni hingga Gunung Kelimutu bagaikan taman firdaus yang saya kagumi dari membaca buku Kitab Suci. Tapi disini, di Moni ini, ‘taman firdaus’ nyata yang bisa disaksikan kapan saja dan oleh siapa saja.

Dan, setelah saya mengunjungi hampir semua tempat wisata di NTT, saya berkesimpulan, Moni adalah daerah wisata yang paling bersih dan menyejukan di NTT. Jika ada yang lebih dari ini, tolong beritahu saya, dan saya akan segera mengunjunginya!

Penginapan dan restorant di Moni

Penginapan dan restorant di Moni

Di tempat ini tersedia pula home stay atau penginapan jika anda ingin berlama-lama tinggal. Begitu juga menu original yang 100 persen halal sarat asupan gizi bagi kesehatan anda. Disini, jika anda nginap, jangan mengira anda sendiri, karena banyak sekali wisatawan lokal, apalagi manca negara.

Bulan Juli dan Agustus merupakan puncak keramaian kunjungan wisatawan. Sebab di bulan ini, kita dapat melihat dengan jelas dasar danau tiga warna yang berada di Gunung Kelimutu di Desa Pemo atau sekitar 13 Kilo Meter dari Moni.

Kelimutu sendiri merupakan gabungan kata dari “keli” yang berarti gunung dan “mutu” yang berarti mendidih. Danau ini memiliki cerita mistis yang layak untuk diketahui. [FCP/tinggal di Jogyakarta]

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.