SERGAP NTT - Thu, Jun 13th, 2013

Militer Australia Diterpa Skandal Seks

Share This
NEWS
Militer Australia sedang latihan tembak, belum lama ini

Militer Australia sedang latihan tembak, belum lama ini

sergapntt.com, CANBERA – Militer Australia kembali diterpa skandal seks. Sebanyak 17 personel, termasuk para perwira, saat ini dalam penyelidikan setelah ditemukannya email-email dan foto-foto yang merendahkan kaum wanita.

Kepala militer Letjen David Morrison mengaku terkejut terkuaknya skandal ini. Apalagi ini terjadi menyusul laporan pemerintah tahun 2012 lalu yang membeberkan lebih dari 1.000 klaim pelanggaran seksual atau pelanggaran lainnya dalam militer Australia sejak tahun 1950-an hingga sekarang.

Laporan itu dipicu oleh skandal yang dinamakan skandal Skype pada tahun 2011, ketika rekaman seorang kadet pria muda berhubungan seks dengan seorang rekan wanitanya, disiarkan online ke para kadet di ruang lain tanpa sepengetahuan si wanita.

“Saya katakan ini lebih buruk daripada masalah Skype,” kata Morrison pada konferensi pers seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (13/6/2013).

Dikatakan Morrison, dalam skandal ini termasuk produksi dan distribusi material yang “sangat tidak pantas” di sistem komputer pertahanan dan internet publik selama tiga tahun terakhir. Pemakaian obat terlarang juga diduga dilakukan.

Sejauh ini, tiga orang telah di skorsing dan terancam dikenai dakwaan. Lima orang lainnya terancam diskors dan sembilan orang lainnya tengah dalam penyelidikan.

Kata Morrison, sebanyak 90 personel militer Australia lainnya terlibat dalam rantai email tersebut. Perwira tertinggi pangkatnya adalah letkol, sisanya mayor, kapten, sersan dan kopral.

Morrison menolak menjelaskan lebih rinci mengenai isi material tersebut. Atas kejadian ini, Morrison mengatakan dirinya telah berbicara dengan sejumlah wanita yang menjadi korban dan meminta maaf kepada mereka.

Sebelumnya, pemerintah Australia telah menyampaikan permohonan maaf kepada para korban pelanggaran dalam skandal Skype. Pemerintah juga membentuk dana kompensasi setelah muncul ratusan klaim pemerkosaan dan kejahatan seks di militer.

by. el/afp

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.