SERGAP NTT - Fri, Feb 22nd, 2013

NTT Harus Bangkit!

Share This

NTTQ Bangkit NTT Harus Bangkit!KEBANGKITAN bangsa ini  terjadi bukan hanya karena adanya penjajahan bangsa lain. Sebab kita tidak perlu mengingat perjalanan sejarah masa lalu. Masa kini adalah kenyataan yang kita jalani yang ternyata masih banyak penjajahan atas bangsa sendiri. Baik secara sadar maupun tidak sadar banyak pejabat dinegeri ini telah melakukan “penjajahan”  kepada rakyatnya sendiri.

Perlakuan yang tidak adil bahkan terkesan “keji” dengan mengesampingkan hati nuraninya untuk tidak melihat sepenuh hati penderitaan rakyat, kemiskinan rakyat dan ketidak adilan rakyat. Korupsi adalah bagian dari  kekejian itu, sebab uang rakyat untuk pembangunan dalam rangka kemajuan diberbagai bidang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan kemajuan daerah. Korupsi adalah predator keji yang memakan uang rakyat dengan “rakusnya” .Bahkan sampai ada istilah “arisan korupsi “ , menunggu KPK menangkapnya.

Aneh ? Bangsa apa kita ini? .Semua korupsi terjadi karena 1.Monopoli kekuasaan. 2. Tidak ada pertanggungjawaban .3.Kesewenangan dan keleluasaan kekuasaan.Lalu gimana dengan NTT ? Sudah pasti NTT harus bangkit dari ketertinggalan dan kemiskinan .Ingat, NTT menyandang predikat nomor 4 dari 23 propinsi  di Indonesia,sebagai daerah tertinggal .Butuh kebersamaan untuk bangkit dari berbagai pihak, yang dikomandoi oleh Orang nomor 1 di daerah masing-masing. Bupati harus bisa membangkitkan kabupaten, wali kota bisa membangkitkan kotanya, Gubernur harus bisa membangkitkan propinsi ini. Semoga Pilkada Gubernur Maret 2013 nanti, masyarakat NTT dapat menentukan pilihan yang tepat untuk menjadi Gubernur periode 2013-2018. Tepat dalam perspektif mampu membangkitkan NTT menjadi propinsi dari ketertinggalan dan kemiskinan.

Mampu membangkitkan berbagai bidang pembangunan dan perekonomian daerah, seperti membangkitkan propinsi NTT menjadi lumbung jagung nasional, penghasil ternak sapi potong, sebagai propinsi kepulauan dan kelautan bisa bangkit di hasil-hasil kelautan, kebangkitan pariwisata dengan adanya sail komodo dan membangkitkan ketertinggalan dunia pendidikan. Masih banyak PR yang perlu segera dibenahi ,dikembangkan dan ditingkatkan khususnya dunia pendidikan dan kualitas SDM menjadi prioritas utama. Sebab dunia pendidikan adalah suport utama generasi penerus bangsa dan kualitas SDM sebagai suport pertama yang bakal menjadi estafet pemegang pimpinan diberbagai institusi dan instansi diberbagai departemen.

Memodali kebangkitan - Sebagai modal dasar yang pertama dan utama dalam kebangkitan bangsa di bumi flobamora ini adalah  niat. Ketulusan niat dan keseriusan niat untuk membangun serta membangkitkan daerah ini dari ketertinggalan itu yang perlu di motivasikan didalam benak para pejabat nomor 1 didaerah masing-masing. Jangan sampai setelah menjabat lupa pada niat awal untuk membangun daerah sesuai janji politiknya. Semua itu bisa terlupakan bila pejabat yang sudah duduk di “kursi” empuk menjadi orang nomor 1 di NTT, malahan asyik menghitung-hitung modal investasi yang telah ditanam diawal kampanye untuk dikembalikan segera dengan bunganya. Sekali lagi itu manusiawi namun sejauhmana kemanusiaannya mengkondisikan antara urusan pribadi atau kelompok dengan urusan  masyarakat yang sudah semestinya menjadi tanggungjawabnya .Mari kita menaruh harapan kepada gubernur yang akan memimpin NTT kedepan, adalah benar-benar orang yang tepat dan menyadari bahwa dia terpilih karena pilihan rakyat. Sudah seyogyanya bakal balas budi kepada rakyatnya untuk mensejahterakanya.Bukan hanya balas budi kepada team suksesnya saja.Bisa membangkitkan  rakyat untuk maju pesat dari ketertinggalan dengan modal kemauan, kejujuran, ketulusan,keterbukaan dan saling mengikat dalam satu kebersamaan yang saling mendukung.Kebersamaan dan kesetaraan tanpa memandang kesukuan.Ingat ! NTT ini propinsi kepulauan dan terdiri dari berbagai suku sehingga seorang pemimpin yang baik adalah pemimpin yang tidak membeda-bedakan suku.Bisa berdiri diatas keadilan semua suku sebab kesetaraan suku didalam membangun NTT memiliki peran yang sama demi kemajuan bersama dalam kemakmuran.

Maju tak gentar membela rakyat - Rakyat dibangkitkan dari kemalasan untuk berubah, berkembang dan kemajuan zaman globalisasi yang mau tidak mau harus diikuti secara adaptif.Rakyat harus dirubah mindsetnya untuk lebih membuka wawasan tentang pentingnya menyikapi kondisi era tehnologi yang berkembang semakin pesat.Pemerintah memberikan pelatihan-pelatihan yang sangat diperlukan rakyat diberbagai  bidang seperti pertanian,peternakan,perikanan laut dan darat,kewirausahaan, pendidikan  dan lain-lain.Pejabat – pejabat yang terkait langsung didalam pelayanan rakyat di berbagai bidang harus lebih konsen terhadap kondisi yang terjadi dimasyarakat dan daerah.Orang nomor 1 di NTT harus bisa menyehatkan akal pikiran, hati dan perilaku yang baik dan benar menurut ketentuan Tuhan , baik bagi diri sendiri atau jajaran dibawahnya serta mempraktekkan kepada masyarakat.Pejabat dimasa depan lebih membela rakyatnya dari pada mengutamakan diri sendiri dan kelompoknya.Memberi tauladan yang baik kepada bawahan dan masyarakatnya.Pejabat yang berani “turun gunung” sekaligus “ blusukan “ keluar masuk kampung demi melihat kondisi rakyatnya sekaligus memberi solusi terbaik, inilah hal yang sangat luar biasa bakal ditunggu rakyat.Maju tak gentar membela yang benar, maju tak gentar membela rakyat yang menanti uluran tangan sang Gubernur yang mengayomi rakyatnya.

Otonomi daerah menuju ke mandirian - Dalam Rencana Aksi Nasional (RAN) Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal (KNPDT), kondisi dan karakteristik daerah tertinggal dikelompokkan menjadi 4 (empat),yaitu, wilayah pedalaman, pesisir,kepulauan, dan perbatasan. Tiga hal yang menjadi pilar dalam pembangunan daerah tertinggal,adalah, (1) pengembangan ekonomi lokal, (2) pemberdayaan masyarakat,dan (3) pembangunan infrastruktur yang terintegrasi. Dengan memperkuat ketiga pilar tersebut,maka daerah tertinggal akan menjadi lebih mandiri dan mampu keluar dari ketertinggalannya. Kualitas SDM dapat dilihat dari tingkat pendidikan, derajat kesehatan dan daya beli masyarakat. Pembangunan pendidikan di daerah tertinggal harus dapat menjamin pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan mutu serta relevansi dan efisiensi pendidikan. Pembangunan kesehatan harus dipandang investasi jangka panjang untuk meningkatkan SDM,guna meningkatkan ekonomi lokal dalam mendorong pembangunan,menanggulangi kemiskinan dan ketertinggalan.Apa yang harus dilakukan oleh Gubernur dalam prioritas utama yaitu peningkatan kualitas pendidikan dan peningkatan kualitas SDM ?.Pendidikan memiliki peranan penting membangun generasi bangsa yang sesuai tuntutan zaman. Agenda untuk mewujudkan SDM yang berkualitas, diarahkan untuk meningkatkan: 1) Akses, pemerataan, kualitas pendidikan masyarakat dan aparatur pemerintah; 2) Meningkatkan pemerataan dan kualitas kesehatan dan gizi; 3) Meningkatkan pendapatan masyarakat; dan 4) Meningkatkan pemerataan dan kualitas pembangunan kependudukan, kesejahteraan sosial, pemberdayaan perempuan, life skills, serta lapangan kerja.

Rakyat yang memilih,rakyat yang menuai – Pilihan ada di rakyat jadi semua tergantung rakyat yang akan memilih siapa orang yang akan mengemban tugas rakyat yang mulia ini untuk menjadi motor pembangkit untuk mengejar ketertinggalan NTT .Siapapun itu terserah rakyat yang menentukan sesuai hati nuraninya dan semoga hati nurani rakyat ini tidak terbeli.Tidak mudah memang mendapatkan seseorang yang mampu mengemban tugas rakyat ini sehingga berhasil.Sebab nilai keberhasilan mengandung relatifitas tergantung pada sejauhmana orang nomor 1 NTT nanti bergerak membangkitkan apa yang selama ini kekurangan dan ketertinggalanya.Tidak ada manusia yang sempurna begitu pula apa yang akan terjadi nanti setelah rakyat memilih gubernur.Sebab gubernur juga manusia biasa sehingga tidak terlepas dari sikap manusiawinya. Namun rakyat butuh keluar biasaan gubernur untuk memimpin lebih aktif dan peduli rakyat.Sebab maju mundurnya propinsi NTT bukan hanya pada rakyat tapi pada pemimpin rakyat yang mampu menggerakan seluruh elemen rakyat.Semoga Gubernur mendatang benar-benar orang yang passion yaitu orang yang bersemangat dalam mewujudkan sesuatu ( kehendak rakyat ), tidak mengenal kata lelah dan sesulit apapun beliau akan terus mencari jalan keluarnya karena energinya tidak habis-habisnya sebab beliau memiliki semangat dan kreatifitas untuk menemukan cara terbaik mewujudkanya.Semoga dalam pilkada maret 2013 nanti rakyat memilih orang nomor 1 dibumi NTTyang terbaik, tepat,benar sesuai kehendak rakyat,sehingga rakyatpun akan menuai hasilnya.Amin.

by. yan djoko pietono

KOMENTAR PEMBACA