SERGAP NTT - Thu, Apr 17th, 2014

PDIP Siap Menangkan Jokowi di NTT, Arbi: (Wakilnya) Harus Jusuf Kalla

Jokowi NTTsergapntt.com, KUPANG – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) siap memenangkan Joko Widodo alias Jokowi sebagai Presiden RI ke 7 dalam Pemilihan Presiden 2014.

Demikian ditegaskan Ketua DPD PDIP NTT yang juga Gubernur NTT, Frans Lebu Raya kepada wartawan di Kupang, Kamis (17/4/14). “Kami siap memberikan dukungan serta siap memenangkan Jokowi di Nusa Tenggara Timur,” ujarnya.

Sementara itu, pengamat politik dari Universitas Indonesia, Arbi Sanit, menilai, jika ingin menang di Pilpres, Jokowi harus menggandeng politisi senior Partai Golongan Karya, yang juga Wakil Presiden 2004-2009, Jusuf Kalla. Sebab, Jusuf Kalla merupakan sosok yang pas untuk mengimbangi Jokowi di dalam pemerintahan.

“Dia (Joko Widodo) harus memilih Jusuf Kalla kalau mau menang,” ujar Arbi, saat ditemui dalam acara “Dialog Interaktif Suksesi Kepemimpinan Nasional di Tengah Capres Bermasalah”, di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (14/4/14).

Arbi mengatakan, secara popularitas, Jokowi memiliki keunggulan dibanding capres lainnya. Namun, menurutnya, Gubernur DKI Jakarta itu belum memiliki pengalaman dalam memimpin pemerintahan dalam skala nasional. Jokowi harus memiliki wakil yang paham dan mengerti soal kebutuhan Jokowi dalam memerintah.

Menurut Arbi Sanit, ada sejumlah hal yang perlu dilengkapi oleh Jokowi, di antaranya soal strategi mengurusi persoalan makro-ekonomi nasional dan makro-ekonomi global, serta soal politik internasional terkait politik, militer, dan ekonomi.

Arbi berpendapat, Jusuf Kalla adalah sosok yang tepat untuk melengkapi kekurangan Jokowi tersebut. Ia tak sepakat dengan pendapat yang mengatakan bahwa Jokowi tak cocok bila dipasangkan dengan Jusuf Klla karena alasan senioritas. Menurut Arbi, pasangan capres dan cawapres justru harus diwakili oleh dua generasi.

Jusuf Kalla, kata dia, adalah tokoh dari generasi senior yang cocok untuk mendampingi Jokowi. Jika Jokowi dan Jusuf Kalla terpilih, lanjut Arbi, Kalla akan bertugas menjadi pembuat inisiatif, usul, dan ide-ide untuk membantu kerja Jokowi. Keputusan tetap di tangan Jokowi sebagai presiden. “Pengambil keputusan tetap di presiden,” ujarnya.

By. Juve/Kcm

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.

Kalau wakilnya tdk berpihak kpd kaum minoritas jangan pilih. Itu bukan karakternya Megawati.