SERGAP NTT - Thu, Feb 14th, 2013

Pemprov NTT Perkuat Rumah Sakit Rujukan

Share This
NEWS
Kornelis Soi SH Pemprov NTT Perkuat Rumah Sakit Rujukan

Kornelis So’i, SH

sergapntt.com, KUPANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT terus memperkuat rumah sakit rujukan di enam regio NTT guna memaksimalkan pelayanan kesahatan kepada masyarakat.

“Penguatan itu berupa penganggaran yang diatur secara permanen dalam peraturan daerah (perda) provinsi dan dimuat dalam APBD,” kata Ketua Badan Legislasi DPRD Nusa Tenggara Timur (NTT) Kornelis Soi di Kupang, Kamis (14/2/13).

Dia mengatakan, Perda yang diinisasi oleh DPRD itu tentang Sistem Kesehatan Daerah (Siskesda). Dalam Perda tersebut, selain diatur tentang sisitem pengalokasian anggaran, juga mengatur tentang berapa dananya.

Enam regio rumah sakit rujukan itu, yakni regio Flores Bagian Barat yang mencakup Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur di rumah sakit umum daerah (RSUD) Ruteng.  Flores Bagian Tengah mencakup Kabupaten Ngada, Nagekeo dan Ende di RSUD Ende. Regio Flores Bagian Timur mencakup Kabupaten Sikka, Flores Timur dan Lembata di RSUD TC Hillers Maumere. Regio daratan Sumba di RSUD Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, dan Regio perbatasan Indonesia – Timor Leste di RSUD Atambua, Kabupaten Belu dan RSUD Kupang.

“Kita akan tingkatkan rumah sakit milik pemerintah provinsi, RSU WZ Johannes sebagai rumah sakit yang handal. Sehingga ketika seorang pasien tidak bisa ditangani di rumah sakit tipe D atau rujukan di enam regio itu, bisa dirujuk ke rumah sakit milik provinsi itu,” kata Kornelis.

Pada Tahun Anggaran (TA) 2012, Pemprov NTT telah mengalokasikan Rp4 miliar lebih untuk penguatan pada enam rumah sakit itu. Sedangkan tahun 2013 dialokasikan lagi Rp400 juta untuk kepentingan yang sama.

by. ady

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.