SERGAP NTT - Mon, Sep 14th, 2015

Pesona Terumbu Karang dan Pantai Pasir Putih di Pulau Solor

Pesona Terumbu Karang dan Pasir Putih di Ritaebang, Pulau Solor.

Pesona Terumbu Karang dan Pasir Putih di Ritaebang, Pulau Solor.

sergapntt.com, RITAEBANG – Pulau Solor, sebuah pulau di Kabupaten Flores Timur ternyata memiliki pesona terumbu karang yang aduhai.

Jika air laut sedang surut, maka terumbu karang beraneka  jenis dapat dilihat dengan jelas, bahkan bisa diraba tanpa harus menyelam. Deretan terumbu karang sepanjang 3 kilo meter itu berada di Ritaebang, Kecamatan Solor Barat, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT.

Selain terumbu karang yang menggemaskan, daerah itu juga memiliki taman rekreasi alam berupa hamparan pasir putih yang lembut. Pantai ini sangat cocok untuk camping atau tempat olahraga volly pantai dan tarik tambang.

“Alam laut kita memiliki potensi pariwisata bahari yang menjanjikan bila ada perhatian dari pemerintah daerah ini, terutama dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Sayang semuanya masih jauh dari lirikan mereka,” ucap Nor Werang, salah seorang nelayan Riraebang.

Terumbu karang Ritaebang

Terumbu karang Ritaebang

Selain itu, Ritaebang juga memiliki ribuan jenis biota laut yang patut dinikmati dengan mata kepala sendiri. Ya,,,,, bila anda melintas dengan sampan atau perahu motor, maka mata anda akan dimanjakan dengan kehadiran ratusan jenis ikan dan hewan lain yang meliuk hilir mudik di antara terumbu karang.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Flotim, Ir. Erna da Silva, mengatakan, untuk melestarikan terumbu karang di Ritaebang, pihaknya bersama DKP Provinsi NTT telah menjalankan program konservasi terumbu karang sejak 18 Agustus 2015.

“Semoga dengan program penanaman terumbu karang ini dapat meningkatkan daya hidup biota laut lainnya dan menjadi rumah ikan, serta mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya terumbu karang,” kata Erna. [Eman Niron]

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.