SERGAP NTT - Thu, Aug 16th, 2012

Warga Kefa Heboh Melihat Bendera Merah Putih Berkibar Di Puncak Gunung

Share This
NEWS

sergapntt Warga Kefa Heboh Melihat Bendera Merah Putih Berkibar Di Puncak Gunung  sergapntt.com, KEFA – Heboh…! Warga Kota Kefamenanu, Ibu Kota Kabupaten Timor Tengah Utara, (TTU), Kamis (16/8/2012) siang dikejutkan adanya sebuah bendera Merah Putih berukuran “besar” berkibar di atas pegunungan  Maol, Kelurahan Kefa Selatan, Kecamatan Kota Kefamenanu. Lokasi berkibarnya bendera itu  jaraknya hanya sekitar 3 KM dari Markas Komando Operasi Daerah Militer (Kodim) 1618 TTU.

Tak hanya warga kota, warga di daerah perbatasan RI-RDTL juga kaget saat melihat bendera itu. Sebab, tak biasa bendera dikibarkan di atas gunung yang jauh dari pemukiman warga. Sejumlah pejalan kaki, maupun pengendara tampak berhenti sejenaki untuk melihat kibaran bendera tersebut.

Warga sempat salah kira. Sebagian berpikir itu adalah bendera Timor Leste, sebagiannya lagi mengira itu bendera negara Timor Raya. Maklum beberapa tahun lalu wacana soal negara Timor Raya sempat mengudara di wilayah Timor Barat.

Tapi setelah diperhatikan secara jeli, ternyata itu adalah bendera Merah Putih. Warga pun bangga. “Ini baru pertama kali kami lihat bendera ukuran besar dikibarkan diatas gunung.  Memang kami heran dan bingung, koq bisa bendera semacam itu dikibarkan di tengah hutan. Tapi setelah kita lihat jelas warna bendera itu dan dapat informasi dari warga sekitar baru kita tahu, ternyata kibaran bendera itu sebagai bentuk semangat rakyat Indonesia menyongsong HUT kemerdekaan kita yang ke 67,”ujar Nikodemus Taus, warga Kefa selatan yang diamini warga lainnya.

Hal senada disampaikan juga oleh Zefnat Joseph Besie, warga Kenari, Kelurahan Kefa Tengah, Kecamatan Kota Kefamenanu.

Saat dihampiri wartawan, Joseph mengaku bangga dan senang atas inisiatif orang yang mengibarkan bendera merah putih itu.

Menurut Joseph, ini merupakan bentuk kreatifitas dan semangat mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Para pelaku pengibaran bendera patut diacungi jempol dan diberi penghargaan.

Karena kibaran bendera di pinggiran ibukota itu telah mampu menggugah warga untuk mengingat semangat para pejuang yang rela mati untuk mempertahankan kemerdekaan RI.

“Saya bangga dan senang simbol itu mau menggunggah semangat juang warga untuk  kerja keras mengisi kemerdekaan ini,”katanya

Informasi yang dihimpun sergapntt.com menyebutkan, bendera  merah putih itu berukuran 10 x 5 meter diikat diatas sambungan bambu sepanjang 35 meter dan dikibarkan di diketinggian 1000 meter diatas permukaan laut.

Bendera tersebut dikibarkan oleh tim ekspedisi Kodim 1618 TTU pada Rabu (15/8/2012) yang berjumlah 15 personil.

Pengibaran bendera itu menghabiskan waktu kerja selama tiga hari, karena kondisi dan lokasi menuju gunung itu sangat sulit dilalui.

Dandim 1618/TTU Letkol  Euzabio Hornai Rebelo saat dihubungi via handphone mengatakan, tujuan dikibarkan bendera itu untuk mengingatkan masyarakat TTU di wilayah perbatasan RI-RDTL untuk terus menanamkan dan memupuk semangat mempertahankan NKRI.

“Maol adalah bukit tertinggi di kota Kefamenanu, sehingga kita harus kreatif untuk memotivasi masyarakat untuk mengisi kemerdekaan NKRI. Ya..bagi saya tujuan dikibarkan bendera untuk mengingatkan masyarakat TTU di wilayah perbatasan bahwa di usia kemerdekaan HUT RI ke 67 ini, maka nasionalisme kita harus  kokoh dalam mempertahankan NKRI diwilayah perbatasan RI-RDTL,”ucap Eusabio melalui pesan singkat.

by. atuis

RUANG DISKUSI - Mari Kita Saling Menghormati Satu Sama Lain. SILAKAN berdiskusi sesuai topik berita di atas. TERIMA KASIH. GBU All.
jhefrey ng says:

Semangat kemerdekaan yg sangat mengesankan, salut buat yg mengibarkan sang merah putih. Smoga ke depan TTU punya semangat kemerdekaan yg luar biasa. Bangga jadi anak indonesia.sebagai anak TTU saya pribadi merasa sangat bangga. Terima kasih kepada bapak Dandim 1618/TTU. Sekali merdeka tetap merdeka… MERDEKA…!!!!!